Rabu, 11 Juni 2008

Learn to Blog (1) : How to Start ...

AlhamdulilLaahi was shalaatu was salaamu 'alaa RasuulilLaahi, wa ba'd :

Alhamdulillah, sudah lebih dari setengah tahun saya berkecimpung di dunia blogging dan belajar banyak hal ;)



Meskipun level pemahaman saya masih "learn to blog", tapi rasanya sudah saatnya untuk mulai berbagi ... inilah rahasia meningkatkan ILMU dan KETERAMPILAN anda, jangan segan-segan berbagi walaupun baru punya sedikit, sebab ilmu yang dibagi akan MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN anda secara signifikan, selain tentunya MEMBAWA BERKAH insya Allaahu Ta'aalaa...

Tentu anda sudah sering mendengar hadits ini, " Sampaikanlah dariku walaupun satu ayat ..."

Salah satu hikmah yang bisa kita ambil, ya, berbagi ilmu ...

Sebelum melanjutkan dalam berbagi ilmu, saya ingin berbagi pengalaman sebagaimana yang dianjurkan Kang Agah pada postingan perdana blog ini, yah...hitung-hitung sebagai "anugerah perdana" buat anda dalam serial " Learn to Blog : ... " ini. Insya Allaah di akhir postingan ini ada QUIZ dengan hadiah "sesuatu" yang bisa mempercepat anda belajar bikin website. Jadi, baca terus, yaa...

Meskipun saya sangat-sangat awam dalam pemrograman HTML dan PHP, serta belum lama mengenal internet, tapi alhamdulilLaah sudah cukup lama bergelut dengan komputer. Pada tahun 1985 ketika saya diterima di Jurusan Astronomi FMIPA Institut Teknologi Bandung, saya sangat beruntung sebab itulah tahun pertama ITB secara RESMI mengajarkan komputer bagi mahasiswanya, yaitu matakuliah Pengenalan Komputer bagi semua jurusan di tingkat pertama. Namun bisa anda bayangkan jenis pelajarannya, kami belajar MS-DOS (Disk Operating System, program operating system yang masih dipakai di Windows jika anda masuk ke Accessories dan memilih "Command Prompt"), WS (WordStar, program word processor atau "komputer sebagai mesin tik"), dBase II (program pengolahan database), dan SuperCalc (program spreadsheet atau lembar kerja elektronik), serta bahasa pemrograman interpreter BASICA (Beginner's All purpose Symbolic Instruction Code - Advanced). Yah, silahkan anda bilang "kuno" atau "fosil", tapi saya percaya dasar-dasar yang kami dapat waktu itu sangat "advanced" pada zamannya. Slogan yang tertulis di modul panduan praktek kami adalah, "ITB akan ketinggalan zaman jika lulusannya buta komputer". Menarik, bukan?



Dari pengenalan pada tahun pertama ini, tahun 1986 saya melakukan "pendekatan" pada ayah saya agar mau membelikan PC. Dan tentunya anda akan bilang lebih kuno lagi, ayah saya membelikan IBM PC XT Compatible dengan processor Intel 80286 dan seperti dugaan anda di dalamnya banyak diinstall program GAME juga (he...he), di antara game favorit saya waktu itu adalah KARATEKA dan BUSHIDO.

Pada tahun yang sama, sambil kuliah di ITB saya pun belajar dari orangtua saya membuka bisnis Toko Buku kecil-kecilan. Idenya cukup inovatif, TOKO BUKU tapi dibuka di Pasar Panorama Lembang (pasar tradisional) dengan menawarkan Diskon 10% serta menerima PESANAN sehari diusahakan ada (Saya waktu itu memanfaatkan Pasar Buku Murah Palasari untuk mencarikan pesanan pelanggan saya, walaupun cukup capek melarikan motor dari Lembang ke Palasari, tapi dengan demikian kepercayaan terbina). Untuk menarik pengunjung, saya menyediakan juga layanan FOTO KOPI dan LAMINATING. Komputer pun berguna untuk layanan JASA PENGETIKAN dan PEMBUATAN JILID. Program pilihan saya waktu itu adalah pengolah kata yang WYSIWYG (What You See IS What You Get), yaitu ChiWriter dan Fontasy, tidak seperti WordStar yang baru bisa dilihat hasilnya kalau sudah di print. Sampai sekarang toko buku tersebut berkembang dan menjadi jaringan toko buku yang KHUSUS buka di pasar. Kalau anda jalan-jalan ke Pasar Raya Panorama Lembang dan tanya Toko Buku Hikmah hampir semua orang pasar tahu ... insya Allaah.

Selanjutnya pada tahun 1988 saya juga mulai mengajar Pengenalan Komputer di salah satu lembaga Kursus Komputer di Bandung, disamping mengajar Privat Les dan Bimbingan Belajar (Bisnis "khas" mahasiswa zaman itu, yang masih berlaku sampai zaman sekarang, he...he). Begitulah barangkali latar belakang saya bisa jadi Guru seperti sekarang. Karena merasa sudah bisa "cari duit", pada tahun 1989 saya menikah, walaupun masih berstatus mahasiswa dan usia saya baru 22 tahun (mungkin pengalaman yang ini menantang sebagian pembaca, ya?). Ketika saya diwisuda, anak saya yang pertama, Maryam, sudah berumur dua tahun. Anak saya yang kedua, Yahya, lahir ketika ibunya sedang melangsungkan Tugas Negara menjadi dokter di salah satu PUSKESMAS di Tasikmalaya pada tahun 1996.



Akhir tahun 1996 tersebut saya terbang ke Saudi Arabia dan kembali ke Indonesia pada akhir tahun 1998. Selama di Saudi Arabia singkatnya saya kehilangan pergaulan dengan komputer apalagi internet, adapun pengalaman di sana kalau diceritakan bisa jadi satu buku tersendiri ... jadi tidak akan saya tulis di sini sebab bisa menyaingi Ayat-ayat Cinta, he...he. Sepulangnya dari Saudi Arabia, saya mengenal internet dengan cara Kursus Pengenalan Internet dan Email dari salah satu lembaga kursus di Jalan Dipati Ukur pada tahun 1999. Ironis memang, dulu saya pengajar kursus, bahkan sempat pula menjadi Dosen Pemrograman Basis Data (dBase dan Clipper) di salah satu STMIK di Jln. Buah Batu yang sekarang pindah ke Jln. Jakarta (bukan soal untuk quiz, lho!) dan sempat pula di-hire oleh BUMN Telekomunikasi di Jln. Mohammad Toha (kalo ini jadi soal quiz, terlalu mudah!) sebagai outsource programmer, karena kehilangan jejak 2 tahun saja sudah harus belajar kursus ke orang lain. Apalagi kalau anda tahu di postingan sebelumnya, bahwa baru-baru ini saya pun ikut kursus yang cukup mahal hanya karena ingin belajar Internet Marketing. Namun ada pelajaran penting yang bisa kita ambil :
- Perkembangan teknologi hanya bisa diikuti jika kita menggelutinya
- Mengejar ketinggalan akan lebih cepat jika kita dibimbing ahlinya

Sejak belajar browsing dan email, pengetahuan komputer dan internet saya tidak terlalu berkembang pesat. Mengapa? Saya sudah minder duluan karena ketinggalan informasi, dan merasa sudah "tua" untuk belajar pemrograman web yang jelas jauh lebih rumit dari BASICA ... itu sebelum saya tahu bahwa banyak Template dan Script yang disediakan untuk kita pakai tanpa harus tahu pemrograman. Saya sempat nyasar ke salah satu blog mahasiswa UPI awal tahun lalu, dan kagum luar biasa karena menduga blog tersebut adalah website yang dia bangun sendiri : ada video, gambar, iklan...dan lain-lain. Pokoknya : LUAR BIASA! Nah, baru pada akhir tahun lalu saya tahu bahwa kita bisa membuat website sederhana yang disebut Blog, dan sedikit demi sedikit kepercayaan diri saya meningkat lagi! Akhirnya saya memberanikan diri menulis panduan ini, he...he.



Baik, pada postingan " Learn to Blog (1) : How to Start ... " ini saya akan menjelaskan dua hal SANGAT SEDERHANA tapi bisa membuat minder duluan orang yang gaptek seperti saya ini, yaitu :
(1) Membuat Email
(2) Memulai Nge-Blog
Mudah-mudahan ini permulaan yang baik untuk sampai pada Panduan Mendapatkan Dollar di Internet Seperti Saya (he...he), tentu masih agak lama sampainya! Do'akan saja, ya...!

1. Membuat Email Account
Untuk membuat email, ada TIGA RAKSASA yang biasa dimanfaatkan karena layanan email gratisnya : Microsoft dengan hotmail, Google dengan gmail, dan Yahoo dengan Yahoo mail (urutan popularitas menaik/ascending). Sebagai contoh di sini, saya akan menunjukkan bagaimana membuat account email di www.gmail.com secara bertahap :
a. Buka browser anda (Internet Explorer atau Mozilla Firefox) lalu ketik "gmail" seperti gambar di bawah ini



b. Lalu tekan Ctrl+Enter (tombol ctrl ditahan sambil menekan tombol enter), maka akan terbuka layar seperti di gambar berikut, pilih "Sign Up" dengan di klik kiri pada mouse anda.



c. Isi semua kotak isian di bawah ini, yang ada di gambar hanya contoh saja. Anda isi sesuai yang anda inginkan. Untuk password sebaiknya kombinasi angka dan abjad serta karakter unik, sedangkan baris paling bawah, secondary email, boleh dikosongkan. Selanjutnya klik "Continue".



d. Selamat! account anda sudah jadi (jangan lupa catat nama account dan passwordnya), pelajari dan lihat-lihat halaman yg tampil seperti di bawah ini, lalu klik "I'm ready - show me my account!"



e. Inilah contoh tampilan email pertama anda!





2. Membuat Blogger Account

Sebelumnya perlu saya beritahukan bahwa account email anda adalah account blogger anda juga, jadi kalau sudah punya account gmail otomatis anda sudah terdaftar sebagai Blogger, bisa kasih komentar di blog saya dgn account Google atau bisa mulai posting di blog anda sendiri. Oleh karena itu pada langkah berikut ini diasumsikan anda punya email gmail dan sudah keluar (SignOut). Lakukan signout sekarang jika belum!

a. Buka browser anda (Internet Explorer atau Mozilla Firefox) lalu ketik "blogger" seperti gambar di bawah ini



b. Lalu tekan Ctrl+Enter (tombol ctrl ditahan sambil menekan tombol enter), maka akan terbuka layar seperti di gambar berikut, isi kotak kanan atas dgn alamat gmail dan sandi anda! Lalu klik "MASUK"



c. Selanjutnya Isi Form-nya dengan benar. Gambar di bawah ini hanya contoh saja! Klik "Lanjutkan"



d. Beri nama blog!



d. Selanjutnya pilih template yg anda sukai. Saya memilih no. 2, Minima Black sebagai contoh!



e. Blog Anda telah diciptakan! Klik "Mulai Blogging"



f. Ini contoh posting! klik "Mempublikasikan Posting"



g. Lihat blog di jendela baru! klik "di jendela baru"



h. Hasilnya seperti contoh di bawah ini! Selamat, anda sudah memasuki dunia Narcisus, he...he.



QUIZ :
======

Berikut ini kuis yang dijanjikan, LANGSUNG ada hadiahnya :

* Apa JUDUL POSTING yang ada angka (1) dalam blog ini, selain posting "Learn to blog (1):..."? Petunjuk : lihat di Daftar Posting >>>>>>>>

Dan karena jawaban anda pasti benar, insya Allaah, maka anda berhak mendownload hadiahnya di bawah ini! He...he!




Sekian, semoga bermanfaat!

Abuyahya

N.B. :
Untuk selanjutnya, coba anda terapkan rumus A.T.M.
- A : amati
- T : tiru
- M : modifikasi
Jangan sembarangan "copy-paste" kalau tidak mau dituntut/dituding melanggar hak cipta ;)

76 komentar:

Ramdhanni mengatakan...

quote : "Karena merasa sudah bisa "cari duit", pada tahun 1989 saya menikah, walaupun masih berstatus mahasiswa dan usia saya baru 22 tahun (mungkin pengalaman yang ini menantang sebagian pembaca, ya?)"

wah.. hayoo yg merasa ditantang ^_^

gautama mengatakan...

Ilmu yang bermanfaat, semoga Anda dimudahkan segala urusan.
Terimakasih

rani mengatakan...

ustadz,setelah baca artikel ust, sy baru "ngeh" klo hidup sy tuh masih membingungkan..hehe.. btw, sy sekarang ga bisa denger lagi mq.coz sy baru masuk kuliah di UNDIP semarang, ust, punya komunitas ga di semarang?

abuyahya mengatakan...

Makasih semua, atas kunjungan dan komentarnya.

edwin mengatakan...

ini adalah kali pertama saya membuat blog di blogspot. jadi mohon bantuannya ya bang...

H Tito Adithya T mengatakan...

Wah tips nya Pak Haji asik nih..... berkunjung juga dong ke Blog ku... di http://www.titoadithya.co.cc disitu ada tips & trick seputar komputer dan internet lho.... juga ada tips untuk mempercepat akses Internet yang lelet.

Link Exchange yuk pak haji.....

woenk_archi's blog mengatakan...

ust, saya jg baru buat blog alhamdulillah bisa..oh ya alhamdulillah jg saya baru nikah di usia 21 tahun...tlg y ust beri tausiah agar kluarga kmi mjd kluarga yg sakinah, mawaddah, warohmah...mohon doa ny y...
oy, maen2 dunk k blog sy di http://woenkarchi.blogspot.com
wassalam...

HERVIN mengatakan...

Assalam mualaikum....
salam kenal, saya lagi baru nih buat blog, eh liat blog anda jadi tambah semangat nih, semoga ilmu yang anda ajarkan mendapat balasan yg setimpal....
wasalam

Endru's Blog mengatakan...

akhirnya saya bisa buat blog...nambah ilmu

trima kasih atas ilmu yg anda beri

Anonim mengatakan...

bang haji, saya sudah "berhasil membuat blog" tapi kenapa tidak bisa mengatur tata letaknya??

Anonim mengatakan...

Ass.Wr.wb.
mas sama kayak diatas blog saya ada namum tidak bisa di custom mau taruh banern tdk bisa,psng iklan juga gitu mohon bantuan donk di customkan beri jalan donk. contooh kayak buat BLOG gitu
email :gunawanprabudi@yahoo.com
Blog:http://kejar-uangmrprab.blogspot.com.

mohon dikunjungi donk!!!!!! wassalam

andy mengatakan...

aslmkum..,pa'e mhn pencerahannya saya mw pasang download link ko ga bs yh di blogspot saya saya posting atau ditaro dimana yah?
terimakasih jikaberkenan membaca dan memeberikan penjelasan

Goes mengatakan...

syukron kang abu?panduannya good n yahood?
kapan buat panduan yang lainnya?
ditunggu ya?

PTC - Paid To Click mengatakan...

alhamdulillah
thx atas ilmunya pak. Kl ada yg seru2 tolong dibagi lg ya?

PT. CMI INDONESIA mengatakan...

Alhamdulillah ada orang yang mau berbagi ilmu. Syukron shohib..

achmad riawan mengatakan...

salam ya..., saya link ke blog ya.., lumayan untuk referensi

http://bisnis-uangterpanas.blogspot.com mengatakan...

Ass.Wr.wb.
mas saya sudah bikin blog namum tidak bisa di custom, mau taruh banner tdk bisa,psng iklan juga gitu, mohon bantuan di beri contoh kayak buat BLOG.trims. moga sukses.
Blog:http://bisnis-uangterpanas.blogspot.com
email:striharjo@gmail.com

powermax mengatakan...

assalamualaikum
terima kasih banyak atas panduan membuat blog kepada abuyahya
karena sebelumnya saya tidak tahu sama sekali cara membuat blog.
dengan ilmu ini mudah-mudahan bisa mendapat penghasilan buat saya

abiburakhman mengatakan...

cuma satu kata tanks berat
http://sulthon-uangakeh.blogspot.com/

duithalal mengatakan...

Panduan yg sangat simple dan jelas, cocok untuk para pemula bisnis online. Terimakasih infonya.

Resep Tradisional mengatakan...

Thank's ya. Sy bru pertama kali buat bikin blog. Coba kunjungi http://chanliblog.blogsot.com atau juga di http://sarimatsmk3jpr.blogspot.com, ha ha ha jelek sih. Tapi bahagia rasanya. Mulanya saya taunya dari URL://uangpanas.com/=?sarichan

Narudeen Blog mengatakan...

Smoga menjadi amalan bagi anda atas segala ilmu yang anda ajarkan...thanks...:)

masprima mengatakan...

Ilmunya bikin blog mudah di pelajari dan bisa langsung diprktekan :)

Anonim mengatakan...

Makasih info nya Pak Uztad, bermanfaat sekali untuk saya yang baru belajar ngeblog.

abid mengatakan...

Salam Kenal..
Pa kabar mas abu?
saya member baru nich, jd msh bingung cara2 nya.. Hee
But....
<"Jarrib..! walaa hittakun aa'rifan">
Salam Sukses

abid mengatakan...

Belajar memang butuh waktu dan kesabaran, biaya dan keuletan ya bang...

<"Al ilmu bila a'malin, kassajari bilassamarin">
betul ga pak ustad?

abid mengatakan...

"..Bener-bener harus sabar.."

syafarie mengatakan...

Terima kasih mas abuyahya,berkat arahan anda dan atas izin Allah saya telah berhasil buat blog saya sungguh senang sekali semoga anda selalu di berikan kemudahan di setiap kesulitan dan sehat selalu makasih mas,,

Aadonky's Blog mengatakan...

terima kasih kang Abu, atas petunjuk dan arahannya, dan berhasil, semoga menjadi amal yang dicatat Alloh SWT

pungkas.sibungsu mengatakan...

beribu-ribu terima kasih saya haturkan kepada mas Abu,

semoga Allah membalas amal baik anda dengan rahmat dan hidayah-Nya yang melimpah.Amiinn...

masmudin mengatakan...

MAS TRIMS ATAS PETUNJUKKNYA UNTUK MEMBUAT BLOG SAYA SUDAH MENCOBA MEMBUATNYA HANYA SAJA KARENA KURANGNYA PENGLAMAN DALAM DUNIA INTERNET DAN KURANG MATANGNYA BHS INGGRIS SAYA BANYAK MENDAPAT KESULITAN KIRA-KIRA JALAN KELUARNYA APA YAH ...? TRIM ATAS SEMUANYA.

Dedyamy Blog mengatakan...

pak ustadz thx a lot y buat informasinya...itu bener2 sangat bermanfaat bagi saya..
Kalo ada informasi lg jgn lupa kasih tau y...syukur2 kl dkbri ke email saya d_blondee@yahoo.com.hehe..
sukses aja bwt pak ustadz

achmad-mamduh mengatakan...

Assalamu'alaikum Ustad
terima kasih atas tips cara pembuatan blog nya, sy telah mencoba, dan belum jadi sudah sy close, hari ini, sy mau tambahkan data/postingan kok gak tau caranya
Maaf nich mohon pencerahannya
Wassalam

Irwan's Blog mengatakan...

Thanks ya pak atas panduan bapak.Sehingga saya bisa membuat blog di blogspot.
Kalo bisa bimbing sampe bisa donk untuk yang laennya....
He,,,he,,,,

Thank's banget....

PC information mengatakan...

kalo kasi/bagi ilmu jangan tanggung-tanggung dunk PAk.lanjutin ampe gimana bisa dapatkan tambahn uang di Internet.
kalo gini..cuma bikin saya penasaran aja!!!:D trimas yaw!!!!!

Ardi mengatakan...

Pak.. Tolong ajarkan juga cara Google Adsense dong

herman mengatakan...

pak ustad gimana sih caranya supaya tampilan blognya bisa tampil penuh (tampilan blog=luas layar monitor).maklum newbie, baru buat blog ttg PTC yg iklannya banyak :-),www.Biznis-Ok.blogspot.com.....(numpang promosi :-) )

SolehBisnis'Blog mengatakan...

pak gimana ya caranya nambah temen biar gabung di blog kita, biar saya punya temen di blog..
terimakasih.

artikelilham Blog mengatakan...

mas terima kasih banyak,walaupan saya belum banyak tau tentang internet tapi atas petunjuk mas akhirnya say juga bisa buat blog terima kasih banyak

devianty mengatakan...

makasih mas infonya nambah ilmu nih tentang blogspot...thanks...keep writing and sharing

Tang Assa mengatakan...

Kang Abuyahya nih hebat, loh ! Tidak kikir akan ilmu. Saya yang baru didunia blog, jadi makin bertambah ilmunya, karena kang Abu.

Thanks ya !
Tang Assa

asia_dr76 Blog mengatakan...

Assalamualaikum ya ustad... Kaifa haluka ya ustad... Udah lama ana ga ketemu ustad... Jazakalloh nih atas informasi bikin blognya. sungguh sangat bermanfaat sekali.
Wassalamualaikum wr.wb
Taufik Indra.

turhan mengatakan...

assalmu`alaikum.
Ustadz, saya memang barusan belajar dan terus-terusan nguber info dari sumber mana saja termasuk dapat postingan di email tentang diri anda ini. Saya amat bersyukur sekali karena bertemu dengan banyak orang yang telah sudi membagi ilmunya. Semoga Alloh memanjangkan umur anda dan melimpahkan rizqinya kepada anda.

MUCHLIS PILIANG mengatakan...

wah berarti sama dong kita juga udah setengah tahun mas berkecimpung di dunia blog!!!!!!!!!!

Anonim mengatakan...

Mau Uang di ATM anda bertambah secara terus meneruss dengan cara yang sangat mudah?
Solusinya ada di website www.moneyjumpers.com

anie's Blog mengatakan...

makasih buat infonya. simple, gampang diikuti.

PonPes Al-Kautsar Banjar Blog mengatakan...

makasih pa ustad,jajakumullah khoiron katsiron atas panduannya

ADI mengatakan...

Alhamdulillah, saya juga sudah mulai bisa membuat blogspot.
SIlahkan yg mau mempelajari blogspot sambil meraih income pasif jutaan / bulan seperti yg sudah saya raih di :

1. http://www.jutawanoxy.blogspot.com
2. http://www.tiketkaya.co.cc
3. http://pulsa-blitar.blogspot.com

Atau peluang bisnis sampingan yg sudah menghasilkan 26 juta lebih tanpa jualan pulsa di :
http://www.PJ2090.co.cc

Salam sukses

Adi

abuyahya mengatakan...

Makasih atas semua komentarnya, maaf blog saya ini "gado2". Buat yang mau belajar lebih lanjut, ikuti saja postingan :
Learn to blog(2)
Learn to blog (3)
dst.
Walaupun di update hampir2 SETAHUN SEKALI ... he...he...

Khusus untuk Syafarie, saya koreksi :
Secara AQIDAH seharusnya kalimatnya begini,
"... Atas pertolongan Allah KEMUDIAN arahan di blog ini ... dst."

(astaghfirulLaahal'Azhiim)

dina blog mengatakan...

Alhamdulilah,,sy baru aja bs buat blog. trims pak udah bagi2 ilmunya

alibizblog mengatakan...

Terima kasih...,Hatur nuhun...,matur nuwun...,thank you...,blok saya sdh berhasil dibuat...,sukses terus ya mas...

Eleana mengatakan...

thanks ya udah berhasil nih buat blog....

Bisnis Indonesia, bisnis Online, Bisnis Lowongan Kerja, mengatakan...

makasih pak atas infonya membuat blogspost ini kan biar banyak blok yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis affiliate sebagai can tambahan

yanz mengatakan...

truz.. gmn cara optimasinya???

Anonim mengatakan...

Makasih Abu Yahya, wah saya hari ini sangat bahagia sekali bertemu dengan saudara, dan saya data ilmu banyak sekali.

Trim's banget

Haidar Madihij

Anonim mengatakan...

Makasih Abu Yahya, wah saya hari ini sangat bahagia sekali bertemu dengan saudara, dan saya data ilmu banyak sekali.

Trim's banget

Haidar Madihij

Bisnis Online mengatakan...

Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang bisa bermanfaat untuk dirinya dan orang lain, dan yang bisa mensejahterakan kita beserta keluarga kita

deni mengatakan...

Assalamu'alaikum, salam kenal pak..Saya juga baru belajar bikin blog..Semoga ilmu yang ada disini bermanfaat bagi kita semua..amin

Terima kasih

Anonim mengatakan...

Aslamualikum pak abu, mkch ataz tunjuk ajar na bikin blog, tpi pak gmana crana mo pasang link ya pak, di blog saya? Yah dari tunjuk ajar bpak alhamdullah saya bisa bkin blog ndri? http://www.rudyandespa.blogspot.com walupun pke hp yg jadul?

mas'bied Blog mengatakan...

trimakasih banyak,,mas poer...

skarang saya sudah punya blog..

http://www.bibidwahyudi/blogger.com

silahkan rekan-2 yang lain melihat,, sarannya sangat diperlukan...:)

smartsuccess mengatakan...

assalamualaikum
terima kasih banyak atas panduan membuat blog kepada abuyahya karena sebelumnya saya tidak tahu sama sekali cara membuat blog.
dengan ilmu ini mudah-mudahan bisa mendapat penghasilan buat saya
oh ya oy, maen2 donk k blog sy di http://abkiesuccess-smartsuccess.blogspot.com
email:smartsuccess72@gmail.com
wassalam...

abuyahya mengatakan...

AlhamdulilLAAH tanggapan thd postingan "jadul" INI MASIH ADA WALAUPUN BANYAK KEKURANGAN. MAAF KALAU GAMBAR2 PADA PANDUAN BIKIN EMAIL UDAH ILANG (belum sempat
"Update").

Semoga makin banyak blog bagus yang muncul, walaupun untuk sejenak banyak yang "pindah" ke FaceBook (termasuk saya, he... he... )

tangan zahil mengatakan...

wahh,,sangat menarik untuk gaptek sperti sya,,,,
MARI BERKUNJUNG PAK TUK LIAT2
mna tau ad masukan buat sya,,,,

perjalanan wisata di bali mengatakan...

ilmu kalau dibagi jadi tambah banyak ya !! Thank mau berbagi.saya sebagai pemula sangat dibantu postingan sampeyan.

mastirtayasa@gmail.com with wisata dipulau.blogger.com

lekidyAE mengatakan...

http://pantura.kilu.net

daenkzhoell73 mengatakan...

makasih atas ilmunya, akhirnya saya bisa membuat blog sendiri walaupun harus lelet. trus...gimana memulainya pak ustadz...?

Distributor Pulsa Elektrik mengatakan...

Assalamu alaikum..Wah, mantab penjelasanya pk Ustat cara trik blognya bisa follow dech, bagi saya yang lagi newbee

elroman mengatakan...

asssalamualaikum abu yahya

terimakasih pembelajarannya
ternyata anda lebih awal kenal sama pak suwandi chow,gmn perkembanganya??

Dwijayasblog mengatakan...

Menurutku tutorialnya sangat jelas dan mudah diikuti.

Ragiel mengatakan...

utz saya juga baru nich .. mau edit html aja bingung muter2 malah jadinya salah... hehe bantuin dong gmn cranya masukin kotak koment sperti ini..
trims .. lam sukses sllu

sabar blog mengatakan...

maen2 ke blog saya ya,,,, saya berterimakasih sebelumnya karena telah mengunjungi blog saya

watisabar@gmail.com
suksess fur you forever

Anonim mengatakan...

info yg baik buat yg memulai bisnis online pakai blog...tutornya..mau berkunjung ke www.andaingintahu.blogspot.com

MASRIANTO mengatakan...

selamat pagi semua salam kenal
[url=http://www.kiostiket.com/?id=tiketpromo1][img]http://www.kiostiket.com/images/kiostiket728.gif[/img][/url]

VincentPublisher mengatakan...

Nice Info Sob,,,,!!!

Kariana Putra mengatakan...

Sangat sangat bermanfaat. . . .artikel yg sngat membantu buat kita kita yg msh binggung membuat blog. . .salam dari bali..dan sukses selalu. . !

alit sugarna mengatakan...

makasih pak atas ilmunya....silahkan klo ada yg mw ngcek blog saya yg masih baru http://alit.sugarna.blogspot.com atau agan bsa coba buka www.danaharta.mprh.net