Minggu, 31 Agustus 2008

Marhaban Yaa Ramadlaan...

AlhamdulilLaahi washsholaatu wassalaamu 'alaa RasuulilLaah,

Segala puji bagi Allaah 'Azza wa Jalla, yang telah menganugerahkan pada kita satu bulan yang penuh berkah, bulan Ramadhan.

AlhamdulilLaah, Ramadhan 1429 dimulai secara serempak bagi seluruh umat Islam di Indonesia, yaitu bertepatan dengan Senin 1 September 2008. Karena awalnya ditetapkan dengan sidang itsbat berdasarkan hisab maupun ru'yatul hilal, maka konsekwensinya Ramadhan tahun ini akan berlangsung 30 hari, insya Allaah.

Berdasarkan perhitungan, tanggal 31 Agustus 2008 yang bertepatan dengan 29 Sya'ban 1429 Hijriah ketinggian hilal di seluruh Indonesia saat matahari terbenam berkisar antara 4 sampai 5,5 derajat. Konjungsi atau ijtimak yang menandai siklus baru peredaran bulan terjadi pada pukul 3:59 pagi hari Ahad 31 Agustus 2008. Bagian bulan yang tercahayai matahari dilihat dari Bumi hanya sekitar 0,5% saja, namun di Indonesia dianggap hilal yang lebih tinggi dari 2 derajat dianggap sudah ImkaanurRu'yah (memungkinkan untuk bisa dilihat) sehingga pengakuan rukyat Ahad sore diterima sebagai salah satu pertimbangan menetapkan 1 Ramadhan 1429 jatuh malam Senin.


Sementara itu, pada tanggal 29 September 2008 di seluruh Indonesia bulan berada di bawah ufuk saat matahari terbenam, demikian pula di Saudi Arabia. Dengan demikian tanggal 30 September adalah tanggal 30 Ramadhan, dan shaum kita tahun ini genap 30 hari. 1 Syawal 1429 H jatuh pada hari Rabu, 1 Oktober 2008. Insya Allaah lebaran tahun ini pun akan disepakati oleh ormas-ormas Islam di Indonesia.

Selamat datang wahai Ramadhan!!!

Yaa Allaah, jadikanlah Ramadhan tahun ini menjadi penghapus dosa kami, penerang jalan kami, dan penyelamat kami dari bencana dan kesulitan, baik di dunia ini maupun di akhirat nanti...! Aamien.

Tidak ada komentar: